Minggu, 18 November 2012

langkah-langkah membuat relationship pada database dengan Ms. office acces 2007

Langkah-langkah membuat RelationShip pada Database dengan Ms. Office Access 2007.
 Data Relationships dalam aplikasi database microsoft office access adalah cara menghubungkan data yang bersumber dari dua tabel atau lebih untuk ditampilkan dalam satu tabel database.

Data-data yang tampil pada satu tabel terpusat ini setelah sebelumnya dihubungkan melalui masing-masing primary key dari beberapa tabel ditetapkan sebelumnya. Sedangkan cara melihat atau menampilkan data yang sudah menjadi satu kesatuan (relationships) dilakukan dengan mengklick tanda + (tambah atau plus) pada sebelah kiri tabel database.

Untuk lebih jelasnya data relationships tabel database pada bahasan ini perhatikan gambar di bawah ini.

Cara membuat data Relationships dalam tabel database aplikasi microsoft office access dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut, yaitu:
1. Buka atau aktifkan File Microsoft Office Access yang ingin dibuatkan data relationships 2. Klick Tab Database tools 3. Klick Relationship
4. Tempatkan pointer kursor pada tabel yang akan dibuat relationship (saling berhubungan) 5. Pilih lagi tabel lain yang akan dihubungkan dengan tabel yang dipilih sebelumnya 6. Klick Add 7. Klick Close, apabila sudah selesai menetapkan tabel-tabel database yang dihubungkan.
nie tugas saya bukkk.........
Hasil tampilannya akan terlihat seperti di bawah ini.
Di atas telah diuraikan langkah-langkah menampilkan ke dua data tabel database yang akan dihubungkan. Dan sekarang dilanjutkan dengan membuat data relationships (menghubungkan dua buah tabel) dengan step berikut ini, yaitu: 1. Klick Kiri pada teks NIM pada tabel Biodata dan jangan lepas kemudian seret pada teks NIM di tabel Dana pembangunan lalu dilepas sehingga akan muncul form Edit Relationships 2. Klick Create
Hasil dari langkah di atas akan tampak seperti di bawah ini yaitu sudah terbentuk garis penghubung (lihat garis dalam kota merah). Garis yang terlihat dalam kotak tersebutlah yang menghubungkan kedua data tabel database yang ditetapkan ini. Teks NIM adalah teks primary key dari kedua tabel tersebut.
3. Simpan (Ctrl S) Untuk melihat hasilnya dengan menglick tanda + (tambah/plus) disebelah kiri pada salah satu tabel yang telah dihubungkan sebelumnya. Hasilnya akan terlihat pada gambar paling atas pada posting 
 ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar